Channel

Night Mode

Pengertian Hardware Dan Software

Pengertian hardware dan software
Mengenal Hardware & Software

Pengertian Hardware dan Software, Hardware merupakan perangkat keras, sedang Software adalah perangkat lunak, apa fungsi dari keduanya? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana cara membedakan keduanya?

Sudah sewajarnya bila kita ingin belajar menggunakan komputer harus memahami kedua elemen ini.

Masalah ini cukup serius, pada saat kita memiliki kepentingan di dalam komputer, tanpa memahami tentang Hardware dan Software, kita tidak bisa bekerja dengan baik.

Elemen ini akan menjadi hal yang selalu kita temui pada saat menggunakan komputer.

Mari pelajari ikuti lebih lanjut.

Hardware dan Software (pengertian dasar)

pc tower

Sebelum ke materi pembahasan pengertian Hardware dan Software kita bahas dulu alur pembelajarannya.

Program Akselerasi Mahir Komputer ini merupakan metode cepat belajar komputer.

Seluruh materi dalamnya tidak akan dibahas secara detail. Mohon untuk memahaminya terlebih dahulu sebelum membaca lebih lanjut.

Bagi kamu yang ingin belajar lebih detail dan lengkap tentang seluk beluk komputer, silakan coba buka laman khusus sesuai kriteria yang kamu inginkan di Main Menu utama.

Sudah kami sediakan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perkuliahan secara gratis.

Mari teruskan pembahasan …

Komputer dapat berjalan dengan baik apabila di dalamnya sudah terdapat Hardware dan Software yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Tapi sebelum masuk ke dalam panggunaan, alangkah baiknya bila kita memahami apa itu Hardware, apa itu Software dan bagaimana fungsi sampai cara menggunakannya.

Berikut pembahasannya …

Pengertian dan perbedaan Hardware dan Software

Hardware secara garis besarnya adalah perangkat keras sedangkan Software adalah merupakan perangkat lunak, lunak di sini bukan lembek, lunak di sini dalam makna tak bisa dirasakan oleh indera manusia.

Kedua hal ini kerap selalu menjadi pokok masalah bilamana terjadi kendala dalam suatu unit komputer.

Kita beri contoh:

Sebut saja ada seorang pengguna komputer bernama Ade, si Ade ini ingin menambah kapasitas penyimpanan komputer miliknya.

Yang mulanya 500 GB ingin menjadi 1 TB.

Pertanyaanya bisakah Ade mencari apa yang dia butuhkan tanpa dia mengetahui nama benda tersebut?

Susah kan, bayangkan Ade telah memahaminya.

Dia tau kalau ingin menambah kapasitas penyimpanan, dia harus menambah perangkat Hardware yang disebut Harddisk.

Maka Ade pergi ke toko komputer dan membeli Harddisk sebesar 500 GB, dipasang di komputer, ditambahkan dengan Harddisk yang sudah ada 500 GB.

Akhirnya Ade memiliki komputer dengan media simpan sebesar 1000 GB (Gigabyte) atau 1 TB (Terabyte).

Sudah mengerti penggambarannya?
Bila sudah mengerti, lanjut.

Perbedaan antar Hardware dan Software memang berdasarkan indera manusia, Hardware cukup mudah dikenali dengan bentuk fisiknya, namun software tak memiliki bentuk fisik.

Software dibuat dari sebuah rangkaian kode biner dan bahasa komputer, kode-kode rangkaian ini dibuat untuk menambah kemampuan sebuah komputer.

Software hanya dapat disimpan dalam Hardware yang disebut Disk Drive, dibaca oleh RAM diolah oleh ROM, dioperasikan oleh CPU dan dikendalikan oleh kita selaku User (Brainware)

Kita tidak akan membahas Brainware, terlalu bertele-tele untuk program akselerasi. Branware dibahas di lain halaman. Silakan cari di menu.

Pengertian Hardware Komputer

Hardware merupakan perangkat keras elektronik yang berfungsi sebagai penunjang utama sebuah komputer, seperti yang sudah dijabarkan di awal.

Baca Juga:
Jenis Komputer & Beragam Fungsinya, Sudah Tahu?

Software tidak akan bisa disimpan tanpa kita memiliki Hardware, jadi sebelum mendapatkan Software, milikilah dahulu Hardware.

Berikut pengenalan perangkat keras utama dalam Komputer, antara lain:

CPU

Pengertian hardware dan software
cpu

Central Processing Unit atau disingkat CPU, adalah perangkat keras paling penting yang ada di dalam komputer.

CPU bekerja sebagai pusat pengolah dan proses daripada Hardware dan Software komputer.

CPU terkumpul dalam sebuah tempat yang disebut Casing, dan di dalam Casing terdapat beberapa komponen Hardware yang menunjang kinerja seperti: Motherboard, Harddisk, RAM, Processor, DVD Rom dan lain-lain.

Ciri-ciri caseing CPU memang berbeda dari tergantung mereknya.

Namun ciri paling menonjol adalah berbentuk persegi empat dan di dalamnya terdapat komponen elektronik yang sudah disebutkan di atas.


Monitor

Pengertian hardware dan software
monitor

Memiliki fungsi untuk menampilkan hasil daripada proses pekerjaan yang sedang dilakukan oleh kompuer.

Komputer tidak mampu menampilkan hasil/proses dari pekerjaanya tanpa ada perangkat keras yang disebut Monitor ini.

Namun jangan salah, Monitor juga tidak bisa menampilkan apa-apa tanpa adanya CPU.


Mouse

Pengertian hardware dan software
mouse

Mempunyai bentuk yang pas ketika digenggam oleh tangan, umumnya terdapat dua tombol klik kiri dan klik kanan lalu satu buah scroll tepat berada di tengah memisahkan kedua tombol klik tersebut.

Mouse berfungsi sebagai alat bantu manusia untuk tunjuk perintah kepada komputer. Dengan menggunakan Mouse kita dapat bekerja lebih mudah.


Keyboard

Pengertian hardware dan software
Keyboard Komputer

Keyboard berfungsi sebagai alat ketik digital, kita dapat memasukan angka dan huruf apapun dalam Bahasa apapun ke dalam komputer.

Memiliki ciri-ciri banyak tombol, mulai dari huruf A sampai Z dan angka 0 sampai 9, tentu saja dilengkapi simbol dan tombol-tombol lain yang dapat membantu kita bekerja lebih efisien.


Untuk dapat menguasai ke empat Hardware ini, kita tidak usah sampai belajar muluk-muluk dari awal, cukup cari tahu fungsinya, pahami cara kerjanya lalu coba menggunakannya.

Dengan begitu kita akan mahir dan berkembang dengan sendirinya.

Pengertian Software Komputer

sistem-operasi-gui
Sistem Operasi GUI

Software biasa disebut juga perangkat lunak, segala macam bentuk dan jenis data yang dibuat atau disimpan di dalam perangkat digital merupakan Software.

Software adalah data digital, entahkah itu berekstensi dokumen, teks, gambar, musik, video, huruf, angka atau apapun itu.

Kita tidak akan pernah bisa merasakan Software dengan menggunakan indera manusia, Software tak bisa dilihat, tak bisa disentuh, tak bisa dirasakan.

Namun kita semua bisa membuat dan/atau menggunakannya, dengan dengan perangkat Output seperti Monitor.

Software memiliki peran sebagai perangkat lunak yang mampu membuat Hardware dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada umumnya, Software memiliki 4 jenis kategori, berikut ini beberapa perangkat lunak umum yang selalu ada di dalam komputer, yaitu:

Sistem Operasi

Pernah mendengar istilah Sistem Operasi?

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak Induk, ia mampu bekerja sebagai piranti yang mampu mengatur, mengolah dan menjalankan piranti lain.

Baik itu Software maupun Hardware.

Sistem Operasi memiliki peran yang sangat penting, dimana ia ditempatkan di dalam media penyimpanan yang disebut Harddisk.

Dan Harddisk ini tersimpan rapi tertutup dari luar berada di dalam CPU.

Tanpa adanya Sistem Operasi komputer tidak lebih dari sebuah perangkat elektronik biasa yang tak bias apa-apa.

Adapun contoh daripada Sistem Operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows, di antaranya: Windows XP; Windows 7; Windows 8; atau yang paling baru dan mutakhir Windows 10.

Saya sendiri menggunakan Windows 10 sebagai Sistem Operasi dari 110 unit komputer yang saat ini saya kelola.

Aplikasi

Sedang Aplikasi adalah piranti lunak yang bekerja secara khusus sebagai kemampuan tambahan daripada Sistem Operasi yang ada di dalam komputer.

Contoh sederhananya, jika kita ingin membuat surat di dalam komputer yang baru saja di beli dan hanya baru terinstal Sistem operasi saja.

Kita bisa menggunakan aplikasi Wordpad yaitu aplikasi bawaan Windows untuk membuat dokumen seperti surat, laporan, makalah, tugas, dll.

Namun ketika kita ingin membuat dokumen Slide Show untuk presentasi.

Wordpad sangatlah tidak sanggup untuk mengerjakan tugas tersebut.

Maka solusinya adalah menambahkan Aplikasi baru yang mampu bekerja untuk membuat Slide Show, misalkan Aplikasi Power Point dari Microsoft.

Atau mungkin kita ingin membuat desain kaos, kita bisa menambahkan Aplikasi seperti Corel Draw, Photosop atau mungkin yang lainnya.

Memangnya apa perbedaan dari Aplikasi bawaan Windows dan Aplikasi tambahan khusus, bukankah sama-sama memiliki fungsi yang sama?

Saya beri gambaran sederhana, kita semua tahu buku tulis itu berfungsi untuk menulis, begitu pula papan tulis sekolah, sama sama untuk menulis.

Lantas bisakah kita menggunakan buku tulis untuk mengajar di hadapan murid? Tentu saja jawabannya tidak.

Atau mungkin bisakah kita mengirimkan surat lintas kabupaten menggunakan papan tulis, kan sama-sama untuk menulis.

Kalaupun ada pasti ongkirnya mahal.

Jadi Aplikasi adalah perangkat lunak tambahan untuk meningkatkan kemampuan komputer agar bisa bekerja secara khusus.

Berikut ini contoh-contoh Aplikasi yang umumnya ada di setiap komputer, antara lain: Microsoft Office; Adobe Photosop; Corel Draw; Google Chrome; Opera; dan lain-lain.

Driver

Driver adalah perangkat lunak yang secara khusus dibuat untuk menjalankan perangkat keras tertentu.

Driver merupakan aplikasi bawaan khusus dari perangkat keras tambahan supaya perangkat keras tersebut dapat terbaca dan berfungsi dengan maksimal.

Seperti Printer, Scanner, VGA, Joystik dan lain-lain.

Files

Files adalah data digital yang disimpan di dalam perangkat elektronik. Berbeda dengan Sistem Operasi ataupun Aplikasi, Files merupakan data dari luar yang disimpan di dalam komputer.

Seperti Musik, Video, Gambar, Dokumen, Surat, dan lain-lain.

Kesimpulan

Hardware dan Software sama halnya dengan Jiwa dan Raga manusia, Hardware tak bisa bekerja tanpa adanya software, Software pun tak bisa hadir tanpa adanya Hardware.

Kedua elemen ini sangat amat erat hubungannya dan saling berkesinambungan.

Menambah Hardware berarti menambah kekuatan menambah Software berarti menambah kemampuan Komputer itu sendiri, begitu pula sebaliknya.

Salam.

belajar komputer secara otodidak

Selamat kamu sudah menyelesaikan BAB 1, semoga dengan menyelesaikan BAB 1 kemampuan kamu bertambah.

Silakan lanjutkan ke BAB berikutnya atau Buka Daftar Isi untuk mencari tahu materi yang akan dibahas.

Notifikasi

Disqus Logo