Night Mode

Fungsi Komputer Dan Peruntukannya, Orang IT Wajib Baca!

fungsi-computer
fungsi komputer

Kebanyakan pengguna komputer saat ini, belum tentu memahami fungsi komputer dengan baik dan benar.
Padahal, dari sejak awal ditemukannya Computer (dibaca Komputer), tak seorang pun menyangka keberadaanya akan sangat bermanfaat bagi umat manusia.Seolah di Zaman ini manusia tak bisa hidup tanpa didampingi Komputer.

Lihat saja sekeliling kita, bidang apapun hampir selalu saja menggunakan komputer di sela-sela hari sibuk mereka. Mau di dunia pendidikan, perusahaan, penjualan, jasa … bahkan di rumah kita sendiri pun sudah ada komputer.

Bayangkan saja.
Komputer bisa mengerjakan berbagai macam jenis fungsi dalam satu waktu, mau dokumen, menghitung, mendesain, mendengarkan musik, bermain game dan sebagainya.

Namun, apakah kita sudah mengetahui fungsi komputer itu apa? Fungsi komputer itu apa saja? Serta, mungkin beberapa hal dari bidang komputer masih ada yang belum kita tahu.

Maka dari itu, saya akan coba merangkumnya dalam sebuah artikel yang bisa kamu pahami sembari menikmati segelas kopi hangat.

Fungsi Komputer Secara Garis Besar

Komputer memiliki fungsi yang sangat kompleks tergantung dari sudut pandang penggunanya masing-masing. Namun, secara garis besar Fungsi Komputer terbagi menjadi tiga macam fungsi, diantaranya;

  1. Input sebuah komputer akan melakukan pekerjaan jika sudah meneripa Data dari luar, Data ini hanya bisa dimasukan dengan menggunakan perangkat masukan yang biasa dikenal dengan istila Input.
  2. Proses setelah data dimasukan ke dalam unit komputer, maka komputer tersebut akan mulai memproses data yang dimasukan oleh perangkat input dan mengolahnya mejadi sebuah data yang kita inginkan.
  3. Output ketika data dari proses sudah selesai diolah, lalu data tersebut akan langsung dikirimkan ke dalam unit Output sehingga kita sebagai user/pengguna akan langsung mendapatkan hasil dari apa yang inginkan dari komputer.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwasanya cara kerja komputer itu berjalan sistematis dan otomatis, mulai dari Input, Proses & Output.

Adapun jenis daripada data yang diolah, tergantung dari si pengguna komputer tersebut, bisa saja, dokumen, multimedia atau pun jenis data lainnya.

Baca Juga
Pengertian Komputer Menurut Fungsi & Manfaatnya

Fungsi Komputer Berdasarkan Ragam Pekerjaan

Spesifikasi komputer untuk urusan Administrasi

Komputer yang digunakan di mediasi pembuatan data dokumen seperti;
1. Membuat surat
2. Karya tulis ilmiah
3. Administrasi kantor
4. Presentasi
Dan mungkin beberapa pekerjaan yang bersifat ringan untuk diolah komputer.

Maka, spesifikasi komputer yang disarankan adalah;

  • Prosesor : Dual core/Core 2 Duo/Core i-3
  • RAM : 2 – 4 Gigabyte
  • Hardisk : 500 Gigabyte

Spesifikasi komputer untuk urusan Multimedia

Komputer yang digunakan di mediasi Multimedia, meliputi;
1. Menonton Film
2. Mendengarkan Musik
3. Bermain Game
4. Youtuber
5. Rekaman suara
6. Video Editing
7. Corel draw creator
8. Photosop editor

Dan mungkin beberapa pekerjaan yang bersifat ringan untuk diolah komputer.

Maka, spesifikasi komputer yang disarankan adalah;

  • Prosesor : Core i-3/Core i-5
  • RAM : 2 – 4 Gigabyte
  • Hardisk : 500/1000 Gigabyte
  • VGA Card : GDDR3 1/2 Gigabyte

Spesifikasi yang saya sebutkan di atas hanya dalam batas minimum requirement tidak menjamin akan tepat 100% cocok, saran saya untuk komputer adalah lebih baik lebih daripada kurang.

Contoh kasus ketika komputer untuk Gaming atau Multimedia dipergunakan untuk urusan administratif, tentusaja akan semakin baik.
Namun, bilamana komputer untuk Administrasi dipergunakan untuk urusan Multimedia akan ada beberapa hambatan seperti proses loading yang lama.

Demikian untuk artikel hari ini.
Salam IT!

Notifikasi

Disqus Logo