Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.

Dedicated Server

1 min read

Pengertian Dedicated Server

Dedicated Hosting Server adalah layanan penyewaan server yang diletakkan di data center idcolo.com, perangkat server disediakan dan dikelola oleh idcolo.com.

Layanan yang ditawarkan adalah bersifat Unmanaged Service yang artinya dukungan teknis diberikan sampai pada jaringan dan hardware, idcolo.com hanya melakukan instalasi Operating System dan konfigurasi awal sesuai dengan permintaan kita.

Kenapa Harus Ada Dedicated?

Banyak pemilik bisnis / website direpotkan dengan hal teknis seperti instalasi dan konfigurasi server, belum lagi trouble shooting yang harus dilakukan terkait kinerja server.

Ada waktu dimana sebuah website tidak lagi bisa dilayani oleh shared hosting biasa, sementara untuk sewa / memiliki server sendiri pemilik website tidak memiliki kompetensi dalam pengelolaan server.

Seperti kita, kami juga meyakini bahwa “kinerja website akan terkait erat dengan kinerja pada servernya”. Paket Dedicated hosting ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan akan penting nya website.

Kelebihan Dedicated Hosting

Dedicated hosting yang memungkinkan kita terbebas dari antrian layanan di shared hosting biasa, support priority & feedback call, satu server dapat digunakan hanya untuk kita sehingga privacy lebih terjamin dan berbagai hal yang tidak akan pernah kita dapatkan di layanan shared hosting biasa.

Paket dedicated hosting ini sangat tepat dan dapat menjawab kebutuhan bagi kita yang serius dengan bisnisnya tapi tidak mau repot dengan hal teknis tentang server.

Dedicated Server / DS Jenis hosting ini biasa digunakan untuk solusi hosting terhadap kebutuhan yang berskala besar atau kompleks. Pengguna bisa memilih atau menyediakan spesifikasi server yang diinginkan, yang kemudian ditempatkan pada sebuah data center.

Alasan di tempatkan pada sebuah data center adalah server terlindungi dari banjir, tahan gempa, dan butuh sirkulasi suhu khusus untuk server.

Dengan Dedicated server, pengguna bisa menggunakan sumber daya/resource server secara leluasa karena adminstrasi server dikelola atau dimiliki oleh pemilik server.

Dedicated server biasa digunakan oleh penyedia layanan hosting (VPS/Shared Hosting), application service provider atau website yang memiliki trafic tinggi dan membutuhkan resource yang tinggi pula.

Jika dilihat dari harga, pengelolaan dedicated server cukup mahal dibandingkan dengan VPS dan Shared Hosting.

Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.