Contoh Laporan PKL TKJ 2021 (Download Lengkap)

3 min read

Contoh laporan pkl
Contoh Laporan PKL
Gambar Contoh Laporan PKL

Salam, kali ini kita akan membagikan Contoh Laporan PKL atau PRAKERIN untuk SMK jurusan TKJ 2021 (Lengkap dengan link download gratis).

Sebelum dimulai, kami Disclaimer terlebih dahulu.
Benar adanya ini adalah salah satu contoh dokumen Laporan PKL dari Siswi SMK yang menyelesaikan Sidang PKL di salah satu SMK jurusan TKJ yang ada di Tasikmalaya – Jawa Barat.

Penulis tidak menjamin kebenaran dan keefektifan dari contoh laporan yang kami bagikan. Utamanya informasi di dalam contoh laporan PKL ini tidak memiliki format yang benar-benar sama dengan sekolah kamu masing-masing.

Silakan tiru, amati lalu modifikasi dengan sebaik-baiknya hasil karya laporan PKL kamu sendiri. Jangan terpaku dengan contoh laporan PKL ini.

Link download file Contoh Laporan PKL ini dipisahkan per BABnya demi memudahkan kamu untuk memahaminya.

Contoh Laporan PKL
Download Contoh Laporan PKL Lengkap Gratis

Jangan skip bacanya ya, langsung saja …, hayu.

1. Cara Membuat dan Contoh Laporan PKL TKJ

Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) merupakan Laporan pertanggung jawaban atas apa-apa saja yang Siswa/i kerjakan semasa PKL di DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri) sebagai salah satu syarat Sidang PKL dan kelulusan.

Laporan PKL biasanya dibuat di masa akhir PKL sebagai bentuk finalisai dari praktik kerja itu sendiri. Biasanya Laporan PKL dikumpulkan dan dijadikan arsip yang dimilik sekolah.

Cara membuat laporan PKL itu tidaklah sesulit apa yang selalu dibayangkan para siswa/i, hanya butuh sedikit usaha dan buah pemikiran agar nantinya dapat dipertanggung jawabkan pada saat Sidang PKL nantinya.

1.1. Pengaturan dokumen Contoh dan contoh format Laporan PKL TKJ

  1. Laporan PKL dibuat dengan menggunakan Microsoft Word
    Pada umumnya Laporan PKL selalu dibuat dengan memakai aplikasi Microsoft Word, ini untuk memudahkan penulis dalam membuat, mengubah dan mencetak laporan tersebut.
  2. Pengaturan Margin dokumen Laporan PKL
    Margin adalah lebar luas sisi kosong dari bagian atas, kiri, kanan & bawah, ini dimaksudkan untuk merapikan jarak pencetakan agar lebih luas ketika nantinya sudah dijilid. Silakan masuk ke Aplikasi Ms. Word, silakan cari Menu > Layout > Page Setup > Lalu pilih tab Margin
    • Top : 4 cm
    • Left : 4 cm
    • Bottom : 3 cm
    • Right : 3 cm
    • Orientation : Portrait
  3. Pengaturan Paper/Kertas dokumen Laporan PKL
    Berikutnya mari setting bagian kertas yang akan kita gunakan, caranya silakan pilih menu tab Paper yang ada di samping tab Margin tadi.
    • Paper size : A4
    • Tidak perlu seting yang lain langsung Tekan Ok bila sudah.
    • Setiap kertas memiliki nomor halaman untuk daftar isi
  4. Pengaturan Font dalam penulisan Laporan PKL
    • Ukuran huruf/font untuk Paragraf adalah 12 pt (point)
    • Ukuran huruf/font untuk Judul adalah 14 pt (point) dan Bold (Tebal)
    • Teks Aligment yang digunakan adalah Justify
  5. Memulai menulis Laporan PKL
    Bila secara garis besar sudah, mari memulai menulis laporan. Jika masih belum bisa menulis Laporan PKL, silakan simak, pahami, unduh lalu modifikasi contoh laporan di bawah ini.

2. Contoh Pembuatan Laporan PKL TKJ

Bingung ya …, mau menulis dan memulai dari mana?
Jangan bingung, coba lanjutkan baca dan scroll ke bawah.

Secara struktur, yang pertama kali harus kita tentukan adalah Judul dari Laporan yang akan kita buat. Tentu saja judul harus bisa dikuasai dan dipertanggung jawabkan pada saat Sidang kelak. Lalu judul seperti apa yang harus kita buat?

Mungkin ini bisa membantu dalam proses pencarian judul laporan PKL, kuncinya adalah :

  • Pekerjaan apa yang paling sering kita kerjakan di tempat PKL
  • Jenis pekerjaan apa yang paling kita kuasai sewaktu PKL
  • Kemampuan unik apa yang kamu dapatkan dari hasil kita PKL
  • Skill apa yang kamu mampu kuasai, namun tidak dimiliki orang lain di tempat PKL.

Sampai di sini, bilamana kita sudah mendapatkan Judul selanjutnya adalah melanjutkan pembuatan dokumen laporan PKL-nya. Lanjut!

2.1. Contoh Cover dan Kata Pengantar Laporan PKL

Bagian pertama dari Contoh Laporan PKL TKJ ini adalah bagaimana cara membuat Cover dan Kata Pengantar, meliputi:

  • Cover
    Halaman depan menampilkan seluruh isi di dalam dokumen laporan ini, mewakili semua aspek di dalamnya dalam satu kesatuan.
  • Lembar Pengesahan I
    Lembar Pengesahan satu adalah halaman legalitas pertama di bagian awal halaman laporan yang kita buat.
  • Lembar Pengesahan II
    Lembar Pengesahan dua memiliki fungsi yang sama dengan Pengesahan satu, ada untuk melengkapi legalitas bagian pertamanya.
  • Kata Pengantar
    Bagian Kata Pengantar ialah halaman awal yang bertujuan untuk menyatakan maksud ataupun tujuan pembuatan dan pembahasan laporan ini.
  • Daftar Isi
    Demi dan agar memudahkan pembaca laporan menemukan judul pembahasan yang akan kita buat, Daftar isi selalu menjadi bagian yang acap kali wajib dibuat. Biasanya berisi rangkaian/susunan judul-judul pada laporan yang kita buat.
  • Daftar Gambar
    Bilamana Daftar isi memberikan informasi halaman Judul, Daftar Gambar melengkapi Daftar isi sebagai rangkaian/susunan yang berisi gambar-gambar apa saja yang kita muat di dalam laporan.
Link Download : Contoh Laporan PKL TKJ Cover & Kata Pengantar

2.2. Contoh Laporan PKL TKJ BAB I Pendahuluan

Contoh Laporan PKL TKJ BAB I berisikan informasi tentang Pendahuluan tentang apa-apa saja permasalahan yang akan dibahas di dalam laporan tersebut.

Pada umumnya BAB I berisi latar belakang, rumusan, pembatasan, tujuan, manfaat, dan sistematika laporan.

Link Download : Contoh Laporan PKL TKJ BAB I Pendahuluan

2.3. Contoh Laporan PKL TKJ BAB II Gambaran Umum DU/DI

Contoh Laporan PKL TKJ BAB II berisikan informasi tentang gambaran umum perusahaan atau lokasi tempat di mana kita melaksanakan PKL/PRAKERIN.

Biasanya Gambaran Umum yang dimaksud ini memberikan informasi tentang detail perusahaan seperti sejarah terbentuknya, masalah perizinan, kinerja, struktur organisasi, sarana & prasarana, tugas dan fungsi instansi bagi, masyarakat, urusan ISO dan lain-lain.

Link Download : Contoh Laporan PKL TKJ BAB II Gambaran Umum DU/DI

2.4. Contoh Laporan PKL TKJ BAB III Pembahasan

Contoh Laporan PKL TKJ BAB III merupakan BAB utama tentang isi dari pembahasan yang akan jabarkan judul yang kita buat BAB ini berisi uraian utama tentu saja harus sangat dibahas selengkap mungkin.

Link Download : Contoh Laporan PKL TKJ BAB III Pembahasan

2.5. Contoh Laporan PKL TKJ BAB IV Penutup

Contoh Laporan PKL TKJ BAB IV adalah bagian penutup, terkadang juga ada yang menambahkan kesimpulan, kritik dan saran berasarkan hasil pembahasan dari BAB III.

Link Download : Contoh Laporan PKL TKJ BAB IV Penutup