Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.

Cara Merakit Komputer Dengan Baik Dan Benar

7 min read

Cara merakit Komputer
cara merakit komputer

Cara merakit komputer yang baik dan benar adalah dengan cara mengikuti langkah-langkah dan prosedur merangkai seluruh unit komponen dengan tersusun. Agar komputer dapat berjalan dengan sebagaimana semestinya.

Berikut ini cara merakit komputer yang baik dan benar (lengkap dengan gambar).

Cara Merakit Komputer Yang Baik dan Benar

Merakit komputer memang bukanlah kegiatan yang sering dilakukan, kegiatan merakit komputer hanya biasa dilakukan oleh teknisi komputer, dan beberapa orang dengan kondisi tertentu.

Namun, sebagai pengguna komputer, ada kalanya kita melakukan servis perbaikan ringan pada komputer sendiri.

Minimalnya, kita tak harus memanggil jasa servis komputer hanya untuk menambah atau mengganti RAM saja.

Bila Anda adalah salah satu orang tersebut, Anda berada di halaman yang tepat, simak!

A. Persiapan

Cara merakit komputer yang baik adalah dengan memiliki pesiapan. Persiapkanlah seluruh elemen yang mungkin nantinya akan berguna pada saat merakit komputer, persiapan di sini meliputi :

1. Siapkan Tempat

Sediakanlah tempat yang cukup untuk merakit dan menyimpan beberapa komponen hardware (perangkat keras), supaya efisiensi kerja tidak menghambur-hamburkan waktu.

Carilah ruangan khusus yang sekiranya tidak banyak orang berlalu-lalang, jauhkan dari anak-anak, jangan sampai ketika proses perakitan sedang berlangsung, salah satu baud hilang di bawa anak-anak.

2. Siapkan Alat

Cara merakit komputer yang baik tentu didukung peralatan yang baik.
Alat-alat di dalam perakitan tidaklah banyak, namun dalam minimalnya kita sudah menyiapkan beberapa hal, diantaranya :

a. Obeng

Disarankan menyiapkan Obeng set, karena bila kita menggunakan Obeng khusus min/plus, beberapa baud di dalam komponen memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda.

b. Kuas

Kuas memang tidak wajib, tapi perlu untuk membersihkan komponen dari debut-debu yang menempel pada perangkat elektronik seperti, Motherboard; Processor; RAM; dan lain-lain.

c. Meja Perakitan Kayu

Meja kayu akan menjadi pondasi pada saat merakit komponen berlangsung, gunanya meminimalisir komponen dari kerusakan pada saat pemasangan.

Usahakan gunakan meja yang dipakai secara berdiri, agar kita selaku perakit bisa leluasa berkeliling.

3. Persiapan Komponen

Persiapan Cara merakit komputer berikutnya ialah persiapan komponen yang akan dirakit.

Kumpulkanlah komponen-komponen yang akan dirakit dalam ruangan yang sama, namun tidak boleh ditumpuk, ingat jangan ditumpuk, ini bukan tempe!

Bila komponen masih dalam keadaan baru, keluarkanlah dahulu komponen tersebut dari dalam wadah dus dan plastik atau bungkus lainnya.

Bila komponen lama, bersihkanlah dahulu sebelum disiapkan, bersihkanlah di luar ruangan, jangan sampai membersihkan komponen di dalam ruang perakitan.

Hal ini sangat mengganggu bilamana debu yang kita bersihkan malah terpapar ke dalam komponen-komponen lainnya.

Ketika komponen sudah siap, simpanlah seluruh komponen tersebut di dekat meja perakitan, supaya mudah untuk dijangkau.

Simpan komponen dalam bidang lembut seperti karpet, busa, atau kain atau pun bisa bidang lainnya. Untuk menghindari kerusakan komponen.

4. Persiapan Diri

Ini yang paling sering dilewatkan oleh banyak orang, Persiapan cara merakit komputer yang baik itu ya harus persiapan diri dulu.

persiapan diri adalah hal paling penting. Keselamatan kerja harus diutamakan, namun (maaf) beberapa orang yang menyediakan tutorial perakitan malah melewatkannya.

Berikut beberapa langkah persiapan diri, demi keselamatan kerja, yaitu :

a. Sendal Jepit Karet dan Gelang Anti Statis

Saya sendiri adalah seorang teknisi, pekerjaan saya menuntut saya untuk merakit unit komputer sangatlah sering.

Tidak jarang ketika proses perakitan berlangsung terkena setrum arus meskipun di bawah 5 Wat.

Namun, listrik tetaplah listrik (bahaya). Solusinya, saya menggunakan gelang Anti Statis dan sendal jepit karet (swalow) pada saat proses perakitan, ini menjadikan grounding arus keluar dari tubuh kita.

Setidaknya arus listrik pergi pada waktu masuk ke tubuh kita. Cara merakit komputer yang baik tentu harus memikirkan orang yang merakitnya, jangan salah mengambil keputusan.

b. Tubuh Dalam Keadaan Kering

Ini penting, jangan sekali-kali merakit unit komputer pada saat tubuh tengah basah dengan keringat, air hujan, sesudah mandi atau lain-lain.

Keringkan badan kita terlebih dahulu, demi menghindari kontak listrik dan komponen supaya tidak berkarat. Cara mengeringkan keringat saat merakit komputer, kita bisa menggunakan tisu dan pendingin ruangan / AC.

c. Tidak Menggunakan Aksesoris

Salah satu contohnya adalah jam tangan, kenapa?
Jam tangan sangatlah rentan terhadap magnet dan arus listrik, cara ini menghindari kalau-kalau nanti jam tangan rusak pada saat merakit komputer.

Daripada beli lagi alangkah baiknya, dibuka dan dijauhkan saja dulu.

d. Sarung Tangan Atau Tidak?

Saran saya adalah tidak perlu menggunakan sarung tangan.
Karena kita akan memegang begitu banyak komponen kecil, usahakan komponen yang akan kita pasangkan tidak terganggu pada saat pemasangan. Ini cara merakit komputer paling efisien.

Sarung tangan hanya menjadi penghalang dan terasa mengganggu, kalaupun mau menggunakan sarung tangan, pakailah sarung tangan yang tipis dan tidak mengganggu pada saat proses pemasangan perangkat.

B. Memulai Cara Merakit Komputer

Sejatinya cara dan langkah-langkah ini akan merakit seluruh perangkat komputer yang ada di dalam CPU atau Casing CPU.

Meskipun nanti pada saat proses perakitan merek daripada unit yang akan digunakan berbeda, kita tekankan prosedur ini hanya untuk unit komputer basic (standar).

Namun cara merakit komputer dalam merek apapun akan tetap dengan istilah yang sama, hanya saja ada komponen tambahan saja yang berbeda, penempatan komponen dan tata ruang casing komputer.

Jangan takut salah, berikut cara merakit komputer yang baik dan benar, yaitu :

1. Merangkai Motherboard

Cara merakit komputer yang pertama adalaha merangkai Motherboard.
Motherboard seperti yang sudah dijelaskan dalam BAB sebelumnya, merupakan komponen Induk dalam komputer, tentu harus didahulukan.

Memang sah-sah saja merakit komponen Motherboard di dalam casing, tapi akan lumayan sulit bagi pemula, apalagi dengan kondisi casing yang sempit.

Pemasangan Motherboard ke dalam casing, akan dilakukan setelah pemasangan komponen Motherboard ini, sudah selesai.

Langkah-langkahnya, antara lain :

a. Memasang Processor Pada Socket Processor di Motherboard

Cara merakit Processor komputer tidak sulit. Ambil Processor yang sudah dipersiapkan, pegang sisi antar sisi, jangan pegang atau pun sentuh pin berwarna emas bagian dalam processor.

Karena tidak memakai sarung tangan, keringat dalam jari akan merusak pin-pin pada processor tersebut, perangkat elektronik begitu rentang dengan keringat.

Buka tutup socket Processor lalu simpan dan Pasangkan dengan pas pada tempatnya.

Tidak perlu ditekan, bilamana sudut penyimpanan Processor sudah tepat, dia akan masuk tepat tanpa menumpang.

Setelah Processor terpasang pada socket, kunci kembali tutup socket supaya Processor tidak mudah lepas seperti intruksi pada buku pandduannya.

b. Memasang Thermal Paste Pada Processor

Thermal Paste, Termal pasta, pasta processor atau apapun itu yang dimaksud adalah cairan silikon kental yang berfungsi sebagai penghantar panas antara Processor menuju Heatsink.

Sebenarnya dalam cara merakit komputer ini tidaklah wajib, cukup cek terlebih dahulu apakah thermal pastanya sudah ada dalam Fan Processor atau tidak.

Bila tidak kita bisa membelinya di toko komputer seharga 10-15 Ribu rupiahan.

c. Memasang Fan Processor Pada Motherboard

Banyak sekali kesalah pahaman dalam penyebutan Heatsink, Kipas Fan dan Fan Processor. Akan kita bahas di lain waktu, untuk sekarang, inilah yang disebut dengan Fan Processor.

Fan Processor adalah sebuah perangkat kipas pendingin, yang tergabung daripada kipas Kipas mini dan Heatsink, pada umumnya Thermal paste juga sudah termasuk di dalamnya.

Namun bila kita menggunakan Fan Processor bekas, terkadang Thermal paste di dalamnya kering, ini sudah tidak dianjurkan lagi digunakan, gantilah Thermal paste itu dengan yang masih baru.

Bila sudah yakin dengan kondisi Fan Processor ini, sekarang pasangkan Fan tersebut di atas Processor.

Biasanya Fan processor memiliki empa kaki yang menjadi sistem kunci antara Motherboard dan Fan Processor, silakan kunci.

Setelah dipastikan Heatsink terkunci rapat, jangan lupa masukan pin power dari Heatsink kepada Motherboard dan pemasangan Fan Processor selesai.

d. Memasang RAM (Random Access Memory)

Berikutnya kita coba cara merakit RAM komputer.

Caranya, ambil RAM yang akan digunakan, lalu pasangkan perangkat RAM pada Slot Ram yang tersedia di motherboard.

Perhatiakn gambar di atas, semua jenis ram DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, memiliki kunci slot yang sama. Bukalah terlebih dahulu kunci slot tersebut ke arah luar daripada slot.

Setelah slot terbuka, samakan posisi pin soket dan pin RAM supaya tepat masuk dalam slot.

Bila RAM sudah terpasang dengan baik, ditandai dengan pencungian slot ram yang pas antara kiri dan kanan RAM.

2. Memasang Motherboard Pada Casing

Cara merakit komputer yang kedua adalah Memasang Motherboard pada Casing.

Sekarang baru kita siapkan Casing Komputer, buka tutup bingkai kiri dan kanan, jangan hanya membuka salah satunya. Ini dilakukan agar nanti pemasangan kabel dan pin tertata rapih dan tidak berantakan.

Setelah Casing siap, angkat dan masukan Motherboard yang sudah dirangkai tadi ke dalam Casing. Perhatikan gambar di bawah!

Pada gambar tersebut, port Input dan Output yang dilingkari, harus mengarah ke belakang CPU. Lihat contoh.

Yang sedang digenggam ini namanya Back Panel, berguna sebagai penutup celah-celah panel belakang antara Motherboard dan Casing. Cara merakit motherboard komputer yang benar adalah disertai Back Panel.

Bila dirasa sudah pas posisinya, segera baud agar posisi Motherboard dalam Casing tidak berubah.

3. Memasang Power Supply Pada Casing

Cara merakit komputer selanjutnya, kita coba pasangkan Power Supply ke dalam Casing, jika kita menggunakan Power Supply yang sudah tertanam langsung dengan Casing, tahapan ini bisa kamu skip.

Bila Casing-nya tidak memiliki Power Supply bawaan, atau kamu ingin menggantinya dengan PSU yang lain, ini tidaklah sulit.

Cara merakit Power Supply komputer itu paling mudah, kita hanya tinggal memasangkannya seperti gambar di atas, bila sudah klop, baud dan selesai.

4. Memasang Harddisk Pada Casing

Cara merakit komputer yang ke empat adalah Memasang Harddisk pada Casing. Perhatikan gambar di atas, Harddisk dipasang sebelum memasang kabel pin power dan kabel sata-nya.

Caranya masukan hardisk ke ruang simpan Harddisk, biasanya Harddisk disimpan di depan, jangan lupa dibaud.

5. Memasang CD/DVD ROM Pada Casing

Cara merakit komputer yang kelima adalah memasang DVD ROM.

CD/DVD ROM dipasang tepat di atas ruang Harddisk, biasanya disimpan di area depan atas Casing, pasangkan lalu baud.

6. Memasang Konektor Power Pada Setiap Komponen

Cara merakit komputer yang terakhir adalah memasang konektor Power pada tiap-tiap komponen. Setelah semua perangkat sudah dipasang dengan baik.

Tinggallah kita memasangkan Pin Power dari Power Supply kepada perangkat-perangkat yang ada dalam Casing.

Kenali Cara merakit Konektor Power komputer yang baik dan benar :

a. Konektor Power

Perhatikan ketujuh Pin Power yang ada di atas, terkait pada cara fungsi masing-masing secara langkap kita bahas lain kesempatan.

Fokuskan saja dulu pada pemasangan dan peruntukannya.

1) Main Power 20 Pin & 4 Pin Power

Pasangkan Main Power 20 Pin pada Motherboard, menyusul pemasangan Main Power 4 Pin di dekatnya.

2) Sata Power Connector

Pasangkan Sata Power Connector pada Harddisk seri baru dan CD/DVD ROM seri baru

3) 4-pin Molex Power Connector

Pin ini digunakan untuk Harddisk dan CD/DVD ROM seri lawas

b. Kabel SATA

Sebenarnya ada dua jenis kabel data, ada SATA untuk versi baru dan ATA untuk versi lawas. Berhubung cara pemasangannya sama, saya hanya menyertakan gambar SATA (versi baru).

Colokan kabel SATA dari Motherboard menuju Harddisk dan dari CD/DVD ROM menuju Motherboard.

Perhatikan nomor urut SATA dalam Motherboard, biasakan Harddisk di 1 dan 2 sisanya boleh di 3 dan 4.

c. Pin Power Motherboard

Memasuki tahap akhir dari cara merakit komputer, yaitu Pin Power Motherboard menuju Tombol dan Lampu LED dalam Casing.

Pahami gambar di atas, gambar tersebut merupakan ilustrasi daripada susunan pemasangan Kabel Pin.

Totalnya ada 9 jarum (Pin)
Masing-masing pin memiliki pasangannya, diantaranya :

  • 1 (+) & 3 (-) : Untuk Lampu Harddisk
  • 5 (-) & 7 (+) : Untuk Tombol Reset
  • 2 (+) & 4 (-) : Untuk Lampu Power
  • 6 (+) & 8 (-) : Untuk Tombol On/Off
  • 9 (+/-) : Cadangan

Kita tidak bisa menunjukan penempatan daripada pin-pin tersebut dalam motherboard, karena jangankan untuk merek, perbedaan seri dalam satu merek saja terkadang lokasi pin ini berbeda beda.

Pahami susunan penempatan pin ini supaya komputer bisa menyala dengan baik, kebanyakan kasus komputer tidak bisa menyala adalah gara-gara pemasangan kabel Pin yang salah.

Ketika seluruh tahapan di atas sudah selesai, selamat.
Anda sudah berhasil merakit sebuah komputer basic (standar).

Di dalam Cara merakit komputer yang kami jelaskan di sini, bila ingin menambahkan komponen tambahan lain, kita bisa menambahkannya di akhir pemasangan, sebut saja seperti : VGA Card; LAN Card; SSD dan lain-lain.

Atau mungkin dalam cara merakit komputer menurut Anda membutuhkan Tang Clip, atau Gunting atau apapun itu silakan.

Cara merakit komputer yang baik adalah ia yang merakit dengan hati-hati dan tak terburu-buru.

Cara merakit komputer yang kami jelaskan di sini tidak menjamin keakuratannya, cara merakit komputer ini kami susun berdasarkan pengalaman penulis di dunia IT.

Cara merakit komputer ini tidaklah sempurna, kami menerima masukan dan pendapat dan bisa merevisi halaman ini kapan saja, demi memberikan solusi terbaik bagi kita semua.

Kurang lebih berikut langkah-langkah cara merakit komputer Desktop yang baik dan benar versi Gozlag, ada yang ditanyakan? Silakan komentar di bawah.

Jangan terlalu banyak di depan komputer, stop mikir-mikir, lakukan saja!

Lanjutkan membaca:


Daftar Isi Buku:
Komputer Jaringan Dasar

Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.