Channel

Night Mode

Cara Membuat Website Dengan Mudah, Cepat & Tepat

Cara-membuat-website-1
Cara-membuat-website-1

Cara membuat website; Website adalah media masa online yang dikemas dalam bentuk digital dan dibagikan melalui Internet. Cara membuat web sangatlah mudah, saat ini kita bisa membuat website sendiri tanpa harus memiliki keahlian dalam kode pemrograman.

Sayangnya tidak semua orang mengetahui prosedur dan pengetahuan lengkap tentang Website, maka dari itu kita akan coba menjabarkan betapa mudahnya membuat situs web (Website) bahkan tanpa pengetahuan coding sekalipun.

Bacalah pelan-pelan, pelajari dengan perlahan, kita tak harus terburu buru untuk membuat sebuah Website. Saya yakin, Anda yang datang ke halaman ini sudah tentu ingin mengetahui cara membuat website dengan cepat, tepat dan mudah.

Maka dari itu, pahamilah semua hal terkait situs web, supaya kelak menjadi manfaat di masa yang akan datang.

Mari kita mulai.

Cara membuat Website : Menentukan Domain, Server dan Konten.

Mari kita analogikan Website sebagai suatu bangunan yang berfungsi sebagaimana apa yang diinginkan pemilik bangunan. Sebut saja “Warung kopi”.

Sebidang tanah tempat bangunan tersebut berdiri adalah : Server
Sertifikat alamat tanah tempat bangunan tersebut berdiri adalah : Domain
Sebuah bangunan dan kopi yang yang dijual adalah : Konten

Begitupula website, kita harus memiliki ketiga elemen utama tersebut supaya website yang dibuat dapat dikunjungi oleh orang lain. Apalagi bilamana memiliki target pasar, kita harus siap menyediakan apa yang diinginkan oleh calon pengunjung.

Di luar daripada Marketing, kita pun haruslah pintar-pintar membuat sebuah website yang disukai uleh para pengunjung nantinya.

Menentukan nama Website dan cara membuat Domain

Cara membuat website
Cara membuat website

Strategi dalam pembuatan nama Website dan Domain tidaklah sembarangan. Tentukanlah nama dan domain Website yang dapat mewakili daripada isi konten situs web tersebut.

Buatlah nama domain yang singkat dan mudah diingat, jangan sampai membuat pengunjung lupa akan nama situs kita. Siapkanlah 3-10 nama alternatif, jika satu nama domain sudah terdaftar, maka domain tersebut sudah tidak lagi bisa digunakan orang lain, karena domain itu terbatas, siapa cepat dia dapat.

Jika sudah dapat beberapa nama, tentukan TLD-nya (Top Level Domain), seperti .com, .net, .org, id, xyz, co.id dan masih banyak lagi. Berikut contoh pembuatan nama Website.

Misalkan
Nama Websitenya : Gozlag - Situs Belajar Komputer
Nama Domainnya : www.gozlag.com
Isi Kontennya : Edukasi pembelajaran komputer

Nama Websitenya : Websitekamu
Nama Domainnya : www.websitekamu.com
Isi Kontennya : Website pertama kamu 

Tentukan Server : Shared Hosting, VPS, Dedicated Server atau Blogger

Secara umum ada tiga jenis Web Server yang biasa digunakan yaitu : Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server. Namun untuk pemula akan secara khusus diarahkan menuju Shared Hosting.

Tentukanlah kapasitas dan spesifikasi Shared Hosting yang terbaik bagi kita. Bila kita ingin menggunakan layanan Shared Hosting gratis, direkomendasikan memilih Blogger.com atau WordPress.com.

Mereka menyediakan fasilitas shared hosting gratis untuk spesifikasi bandwitch dan media simpan yang tanpa batas.

Cara mendapatkan Domain & membuat Website Server

Cara untuk mendapatkan Domain dan Server adalah dengan cara menyewanya. Kita mungkin dapat membuat Server dan domain sendiri dengan cara menyediakan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya.

Namun saat ini perusahaan raksasa seperti Bank, Otomotif, Elektronik dan lain-lain lebih memilih menyewa Server ketimbang membuat Server sendiri. Kalau cara kerja dan manfaatnya sama, dan harganya lebih murah kenapa tidak?

Di Indonesia, saat ini sudah banyak sekali Developer yang menyediakan sistem sewa Server dan Domain, seperti Jetorbit, Jagoan Hosting, Niagahoster, idCloud, DomaiNesia, Dewaweb, Rumahweb dan masih banyak lagi.

Kisaran biaya pertahunnya mulai dari yang gratis sampai ke belasan juta perbulannya, semua tergantung kebutuhan kita. Hanya saja semua pihak penyedia layanan Server Website, selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perlu diketahui ada tiga kriteria dalam memilih Server untuk Website, yaitu : Bagus, Cepat dan Murah. Ketiga kriteria ini haruslah dipikirkan sebelum memilah dan memilih paket server dan penyedia server.

Ini akan sangat berpengaruh pada kinerja dan kunjungan Website nantinya, apalagi kalau berbicara SEO ini bukan hal yang sembarangan dipilih. Ingat, bijaklah dalam memilih Server.

Bila masih bingung kita sediakan rekomendasi beberapa penyedia server pilihan yang sudah teruji oleh penasihathosting.com. Gozlag sendiri sangat menyukai hasil review dari sana karena dibahas secara subjektif tanpa dilebih-lebihkan.

cara membuat website
Komparasi penyedia layanan Server di Indonesia

Bilamana belum puas dengan screenshoot di atas, silakan kunjungi halaman Penasihathosting agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait cara memilih Server website.

Tentukan aplikasi CMS (Content Management System)

Apabila kita sudah mempunya Domain dan Shared Hosting, sekarang tinggal menentukan Web Engine yang akan digunakan sebagai fondasi utama. Bila belum memiliki shared hosting, tidak ada salahnya memahami CMS.

Website Yang Menggunakan CMS
Website Yang Menggunakan CMS

CMS atau kepanjangan dari Content Management System, ini merupakan mesin website yang berupa perangkat lunak. Dengan adanya CMS, kita sudah tidak perlu lagi membuat aplikasi untuk Back End dan Front End.

CMS dibuat dengan sangat detail, demi memudahkan kita sebagai Administrator Web untuk membangun dan mengelola suatu situs web.

Sampai detik ini yang namanya CMS memang sangat membantu kita selaku pemilik situs untuk membangun dan mengembangkan sebuah situs web. Ada banyak sekali aplikasi CMS yang bisa didapatkan dengan gratis dengan fasilitas dan kelebihannya masing-masing.

Berikut beberapa CMS yang direkomendasikan kami, diantaranya :

WordPress.org

Berbeda dengan WordPress.com, CMS ini adalah aplikasi Web yang paling banyak diminati karena fiturnya yang kaya dan serupa dengan WordPress.com. Cocok untuk pemula karena banyaknya pengguna, banyak juga orang yang menyediakan bantuan di Internet.

Lebih banyak diminati oleh para Blogger karena penggunaanya yang mudah dan banyaknya pengembang fitur plugin yang mampu mendukun ke eksisan sebuah website. Gozlag sendiri menggunakan CMS ini sebagai sistem utamanya.

Drupal

Sama halnya dengan WordPress.org, CMS ini amat banyak peminatnya lebih khusus dari luar Asia. Drupal digadang-gadang bakal mengalahkan menyaingi WordPress di 2030.

Joomla

Masih menjadi primadona beberapa perusahaan ternama seperti Morpace, Roxbury, Aiptek, Maps dan masih banyak lagi. CMS ini tidak jauh berkelas daripada WordPress. Namun penggunaanya lebih dikhususkan bagi orang yang berpengalaman dalam Web, bagi pemula akan lumayan bingung menggunakannya.

Prestashop

Bila temen-temen ingin membuat website toko online menggunakan Prestashop merupakan cara paling ampuh untuk berjaya. Dikhususkan untuk web berjenis e-commerce. Prestashop pilihan terbaik baginya.

Opencart

Saingan utama daripada Prestashop ialah Opencart, tak mau kalah dari Prestashop, Opencart menyajikan beberapa fasilitas unggulan untuk website e-commerce.

Magento

Magento adalah CMS terbaik untuk website berkelas E-Niaga, sistem keamanannya yang baik menjadikan Magento mendapat predikat baik di mata perusahaan-perusahaan Niaga.

Sampai saat ini tercata lebih dari 500.000 pengguna menggunakan CMS Magento. Meskipun usianya berada 5 Tahun di bawah WordPress, Magento pilihan terbaik bagi kamu yang ingin membuat website E-niaga.

Moodle

Ini dia CMS untuk pendidikan terbaik abad ini, jauh berbeda dari ke 6 CMS di atas, Moodle adalah web engine yang sangat baik untuk dunia pendidikan online. Kita sendiri di sekolah menggunakan Moodle untuk membantu guru-guru dalam menyampaikan materi dan memberikan tugas jarak jauh.

Kaya akan fitur edukasi seperti, halaman pendidik, halaman peserta didik, halaman tugas, halaman kelas, bahkan halaman ujiannya diatur sedemikian rupa untuk memudahkan kita menjalankan pendidikan berbasis daring.

Sebagai bahan referensi, kita sarankan untuk menggunakan WordPress CMS.

Cara Mendesain halaman Front-End: Membuat Website nyaman dikunjungi

Halaman Front End
Halaman Front End

Kita semua pasti pernah mengunjungi bermacam-macam halaman situs website, beberapa di antaranya terkadang situs sangat amat nyaman ketika dikunjungi. Namun tak jarang ada halaman website yang ketika dikunjungi menimbulkan kesan negatif.

Seperti dekorasi warna yang tak nyaman dipandang, tata letak fitur web yang berantakan, huruf-huruf yang susah untuk dibaca, dan masih banyak hal buruk lainnya. Kita tidak membahas itu, kita akan bahas bagaimana cara untuk menghindari itu semua.

Mari kita mulai dari Tema atau Themes atau mungkin Template. Tema/Themes adalah fondasi dasar tampilan daripada sebuah website berbasis CMS.

Setiap CMS akan memiliki fitur Export dan Import Tema/Themes. Dengan adanya fitur ini, kita bisa dengan mudah berbagi dan menggunakan Tema/Themes dari orang lain.

Salah satu situs penyedia Tema/Themes terbaik adalah wordpress.org di sana kita bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan desain web seperti apa yang ingin kita tampilkan kepada pengunjung.

Carilah Tema/Themes yang enak dipandang mata, navigasi nya mudah dan kecepatan aksesnya di bawah 5 detik. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan Topik website yang akan dijalankan nantinya.

Ketika sudah mendapatkan semua kebutuhan pembuatan website, sekarang kita tinggal melanjutkan kepada pembuatan konten dan internet marketing.

Bagaimana …
Sudah siapkah mempunyai website sendiri?

Notifikasi

Disqus Logo