Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.

Cara Install Windows 10 Dengan Mudah, Cepat & Tepat

6 min read

Cara install Windows 10
Cara install Windows 10
Cara install Windows 10

Cara install Windows 10 ini sebenarnya mudah, dengan menggunakan flashdisk, CD, ataupun Harddisk eksternal. Berikut ini cara mudah install atau install ulang komputer sendiri dengan cepat.

Windows 10 adalah merupakan Sistem Operasi keluaran Microsoft yang paling baru, windows 10 ini merupakan turunan paling akhir dari buyutnya windows NT.

Dirilis pada 15 Juli 2015, dipublikasikan pada 29 Juli 2015 dan diperbaharui terakhir pada 19 Desember 2018 dengan versi 1809.

Mari kita simak hasil survey penggunaan sistem operasi tahun 2020

Survey Sistem Operasi 2018-2020

Hasil ini diambil dari av-comparatives.org yang dimulai pada tahun 2018 sampai saat ini. Wow, sungguh persentasi yang luar biasa berdasarkan hasil dari penggunaan sistem operasi di seluruh dunia.

Tak bisa dipungkiri sampai saat ini pun Microsoft masih merajai penggunaan sistem operasi tingkat dunia ini. Bahkan kita sendiri juga menggunakan Windows 10 sebagai sistem utama dari 2 unit komputer yang saya punya.

Kita menggunakan Windows 10 ini kurang lebih dari tahun 2016, memang banyak fitur yang membuat kita memilih sistem operasi ini dibandung yang lainnya.

Seperti mudahnya update sistem dan security, Driver otomatis terdeteksi, banyak tutorial dan masih banyak lagi nilai positif dari windows 10 ini.

Oleh karena itu di sini akan dijelaskan secara lengkap terkait cara Install atau Install ulang Windows 10 dengan dengan mudah, cepat dan juga tepat.

Persiapan Cara Install Windows 10

Untuk memulai Instalasi Windows 10, persiapkanlah beberapa kebutuhan utama, diantaranya :

Windows 10 Spec Requirements

Setiap Sistem Operasi dan Aplikasi memiliki spec requirements-nya masing-masing. Untuk Windows 10 minimal kita memiliki spesifikasi komputer berikut, yaitu :

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display: 1024 x 600 or above

Berarti, bila komputer kita sudah berada di atas daripada spesifikasi minimum, sudah tentu komputer kita bisa menggunakan Windows 10, apabila kurang daripada spesifikasi minimum, disarankan menggunakan seri Windows 7 atau Windows 8.

Media Install-er Windows 10 & Cara Persiapannya

Yang dimaksud di sini adalah Software mentahan dan mediasi untuk instalasi, media ini bisa berupa CD/DVD atau Flashdisk/Diskdrive. Untuk mendapatkan media installer, kamu bisa mendapatkannya di toko-toko komputer yang menjual software. Belilah versi resmi usahakan jangan bajakan.

Baca juga : 
Perbedaan antara Software bajakan, Lisensi OEM, Retail dan Volume.

Apabila ingin menggunanan yang gratis, kita lebih menyarankan Windows 10 versi Trial daripada Bajakan. Untuk mendapatkan versi Trial, kita bisa mendownload windows 10 di internet dengan mudah.

Untuk media instalasi menggunakan Flashdisk/Diskdrive silakan buka halaman cara pembuatan Installer Windows 10 memakai Flashdik.

Baca juga :
Cara Membuat Media Installer Windows Menggunakan Flashdisk

Koneksi Internet Untuk Update Windows Elemen dan Driver

Sebut saja ini tidak wajib, namun perlu digarisbawahi meskipun Windows 10 memiliki paket lengkap driver di dalamnya, driver tersebut belumlah cukup.

Biasanya driver bundling yang ada pada Windows 8 dan 10 ini hanya sebatas dasarnya saja, kita diharuskan memperbaharui Windows kita terlebih dahulu, agar mendapatkan paket driver terbaru dari Microsoft.

Maka dari itu, koneksi Internet sangatlah penting ketika kita sudah selesai Instalasi Windows 10. Bila temen-temen ingin update driver tanpa windows update, cukup matikan windows update dari pengaturan.

Langkah-langkah Cara Intall Windows 10

Bilamana persiapan sudah selesai, kini saatnya memulai tahapan cara install Windows 10 ini. Tutorial ini mencakup semua jenis komputer termasuk PC Desktop; Notebook, Netbook dan Tablet PC. Mari kita mulai!

Sebelum konfirugasi, silakan masukan media installer ke dalam komputer, bila menggunakan CD/DVD masukan ke DVD ROM, jika menggunakan Flashdisk/Harddisk hubungkan perangkat tersebut, bila menggunakan jaringan, koneksikan perangkat bersangkutan.

Atur BIOS: Jadikan Installer Menjadi First Bootable Device

Dalam komputerisasi ada yang disebut dengan istilah Bootable Disk, adalah tahapan komputer mendeteksi apa yang harus pertama kali dibaca pada proses komputer dinyalakan. Entahkah Sistem Operasi, perangkat keras, jaringan, atau apapun itu, semua bisa kita atur.

Komponen komputer yang dapat mengatur Bootable device adalah BIOS. Maka lakukanlah pengaturan BIOS pertama kali, lalu jadikan media Installer Windows 10 menjadi yang pertama.

Berikut langkah-langkah mengatur BIOS untuk Install Windows 10

Hidupkan Komputer lalu masuk BIOS

Untuk bisa masuk ke dalam BIOS. Perlu diperhatikan kita harus segera menekan tombol Delete/F2/ESC/F10 pada saat proses POST atau (Power On Self Test) selesai. Selang waktu menuju Boot adalah kurang lebih 3 detik.

Tergantung daripada Manufaktur setiap merek komputer memiliki tombol BIOS yang berbeda-beda, bila salah satu dari tombol tidak kunjung berhasil masuk ke dalam BIOS, cari tahu merek komputer dan detailnya.

Jika sudah berhasil masuk ke dalam BIOS, kita akan disuguhkan aplikasi BIOS yang terdiri dari beberapa menu untuk mengatur Input dan Output komputer seperti pada gambar di bawah.

Masuk ke Menu Boot lalu atur media Installer

BIOS terbagi menjadi dua macam, yaitu : Legacy dan UEFI. Bila BIOS kamu Legacy tampilan dan konfigurasi bisa diatur hanya dengan menggunakan Keyboard, namun jika BIOS kamu UEFI kamu bisa menggunakan Mouse dan keyboard untuk mengatur BIOS.

BIOS sebenarnya memiliki varian yang berbeda pula setiap manufaktur, maka dari itu kita tak bisa menyertakan gambar di sini, namun kita tekankan bahwa semua pengaturan BIOS itu sama. Hanya tata letak saja yang berbeda.

Carilah Menu Boot lalu konfigurasi, jadikan media Installer tersebut menjadi First Bootable Device. Kamu bisa menggunakan keyboard untuk mengaturnya.

Bila sudah selesai mengatur First Boot, save konfigurasi lalu restart komputer tersebut.

Tekan Enter pada saat Boot membaca Installer

cara install windows 10
Silakan tekan enter untuk melanjutkan

Bila sudah sampai pada tahap ini, kamu hanya tinggal masuk ke menu instalasi dengan cara menekan Enter. Namun, terkadang ada beberapa kendala saat Boot Device di sini, yaitu :

Masalah : Komputer tidak mau membaca Installer

Ditandai dengan komputer yang kembali me-restart dan tak mau sampai ke tahap ini, bila komputer sebelumnya sudah memiliki sistem ditandai dengan masuknya sistem dengan melewati first boot (media installer)

Cara mengatasinya kendala ini, sebenarnya terjadi karena kesalahan konfigurasi BIOS. Ingat rumus di bawah ini.

BIOS UEFI menggunakan partisi Installer GPT
BIOS LEGACY menggunakan partisi Installer MBR

Jadi silakan sesuaikan konfigurasi sesuai dengan yang tertera di atas.

Masalah : Komputer membaca Installer namun muncul Input Not Supported

Masalah ini sering kita temui ketika instalasi komputer yang pernah memiliki sistem operasi sebelumnya, rata-rata. Bila temen-temen mendapati kendala seperti ini, caranya sebenarnya mudah.

Solusi pertama coba ganti menggunakan monitor yang memiliki resolusi lebih tinggi ketimbang yang sedang digunakan. Bila masih tetap sama, coba cara kedua.

Cara kedua coba biarkan sistem pertama masuk terlebih dahulu, kemudian ganti resolusi sistem komputer tersebut menjadi 800×600. Mengapa demikian?

Ini terjadi karena secara default Windows 8 & 10 akan mengikuti pengaturan layar sebelumnya, bilamana sebelumnya resolusi 1280px makan Bootable akan membacanya dan menggunakannya, sedangkan resolusi layar pada saat installer adalah 800×600. Apalagi monitor tidak mampu mengubah resolusi layar tanpa ada sistem operasi.

Cara Konfigurasi Set-up Install Windows 10

cara install windows 10
Tampilan Windows setup

Apabila sudah sampai ke tahap ini berarti media installer sudah berjalan dengan baik, silakan pilih Bahasa yang akan digunakan dalam sistem, pilih zona waktu yang sama dengan lokasi kita dan untuk keyboard biarkan saja, tekan Next untuk melanjutkan.

Bilamana mendapatkan masalah seperti Input Not Support, Input Not Detected, dll setelah tahap ini, silakan lakukan coba tahap 2.a. di atas untuk memperbaikinya.

cara install windows 10
Windows install now

Ketika semua berjalan baik, maka akan muncul gambar jendela Windows Install, silakan tekan tombol yang berada di tengah Install Now.

cara install windows 10
Product key windows 10

Berikutnya adalah halaman aktifasi dan serial number, jika kita memiliki kode aktifasinya masukan dalam kolom yang sudah disediakan, bila kita tidak memilikinya jangan khawatir, kita bisa tekan tombol Skip di bawah untuk mode Trial.

Perhatikan gambar di bawah ini.

cara install windows 10
Windows 10 applicable notices and icense terms

Ini adalah halaman persetujuan, setiap halaman persetujuan memiliki Rule dan tampilan berbeda-beda, secara umum kamu cukup tekan I accept the license terms sampai muncul tanda ceklis di sebelah kanannya. Kemudian lanjutkan langkah install windows 10 dengan menekan tombol Next.

Custom : Install Windows only (advanced)

Kita jelaskan dulu perbedaan antara Upgrade dan Custom.

Upgrade – Install windows and keep files settings and applications

Ini untuk menginstall windows 10 dengan prosedur memperbaharui sistem yang sudah ada, bisa windows 7, 8 atau 10 seri apapun. Pilihan ini dikhususkan bagi pengguna yang ingin menyelamatkan Data, Pengaturan dan Aplikasi yang sudah ada dalam komputer tersebut.

Upgrade berarti tidak membuang apa yang ada dalam komputer sebelumnya, namun Upgrade memiliki kelemahan seperti prosedur yang menjadi lama karena ada data yang diselamatkan, termasuk beberapa penyakit seperti virus dan malware akan terselamatkan.

Custom – Install Windows only (advanced)

Dimaksudkan untuk menginstall sistem operasi windows 10 saja, tanpa ada data ataupun aplikasi yang akan diselamatkan. Ini akan menjadi resiko pembersihan total dari komputer yang sedang digunakan, cocok untuk komputer yang masih baru, atau dalam keadaan ingin Fresh total.

Kita sendiri lebih menyarankan pilih Custom, karena mampu membersihkan data rusak atau file yang sudah pernah terkena crash ataupun virus.

Jika sudah siap memilih Custom, silakan tekan Custom – Install Windows only (advanced) untuk melanjutkan ke konfigurasi partisi.

Cara membuat partisi saat install windows 10

Ini perlu diperhatikan, ketika instalasi windows berlangsung, kita akan dihadapkan pada pembuatan partisi. Partisi merupakan petak-petak alokasi data dalam sebuah Harddisk, analoginya seperti sebuah lemari yang memiliki berbagai ruang simpan di dalamnya.

Begitupun Komputer, partisi haruslah tepat dalam pembuatan, jangan sampai ketika instalasi berlangsung, terjadi galat dikarenakan ruang simpan sistem kekurangan tempat dalam partisi.

Simak baik-baik mengenai pembuatan partisi dalam disk drive berikut!

Perbedaan Disk Drive dan Partisi

Partisi adalah petak-petak alokasi ruangan di dalam Harddisk, flashdisk ataupun lainnya. Sedangkan Harddisk adalah media simpan daripada Partisi tersebut.

Alokasi ruang simpan ini dimaksudkan untuk memudahkan sistem dan juga user dalam pembacaan ruang penimpanan. Memudahkan kita memilah dan memilih ruang simpan dalam satu Harddisk.

Mengubah partisi tidak mempengaruhi partisi lain dalam satu Harddisk

Meskipun terdapat lebih dari 2 partisi dalam Harddisk, mengubah, memformat ataupun menghapus partisi tidak akan mempengaruhi partisi lain. Jadi bila Sistem ada di partisi C dan data ada di partisi D, ketika kita memformat partisi C, partisi D tidak akan terpengaruh (aman).

Minimal partisi untuk Windows 10

Sebagaimana apa yang sudah dibahas di awal persiapan, Windows 10 memiliki spesifikasi penyimpanan minimal 16 GB untuk 32-bit OS dan 20 GB untuk 64-bit OS.

Ingat, itu adalah spesifikasi minimum, bijaklah dalam memberi luang termasuk mahluk digital seperti komputer. Jangan sampai membuat partisi yang pas-pasan. Ini masih belum termasuk Driver, Aplikasi, Update, Security dan lain-lain.

Minimal saran dari kita untuk partisi Windows 10 adalah 100 GB, ini akan berdampak baik pada sistem, memiliki ruang partisi yang leluasa pada saat sistem bekerja.

Cara membuat partisi untuk semua seri Windows XP/7/Vista/8/10

Pada saat temen-temen masuk menu partisi, perhatikan jumlah Disk Drive (Harddisk) yang terdeteksi oleh Windows Installer. Ditandai dengan nama Drive yang diikuti satu digit angka dimulai dari 0.

Bila kita memenjalankan dua buah hardisk maka akan terdeteksi Drive 0 dan Drive 1, begitu seterusnya.

Pilih Drive yang ingin dibuat partisi, lalu silakan gunakan fasilitas menu yang tersedia seperti :

Refresh : Untuk men-scan ulang Drive
Load driver : Meload Drive dan Media installer
Delete : menghapus Partisi
Extend : Menggabungkan Partisi
Format : Menghapus isi data dalam Partisi
New : Membuat Partisi baru

Buatlah partisi seperti pada gambar di bawah ini.

Windows 10 Partition Install

Bila kita sudah selesai membuat partisi, selanjutnya pilih Drive Partisi yang akan dibuat sebagai tempat penyimpanan Sistem Operasi (Local Disk : C), lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan.

windows-10-installing

Sampai pada tahapan ini, selamat … Installasi Windows kamu sukses. Sekarang seduh kopi, jaga dan perhatikan Windows installer kalau-kalau ada kendala ketika sedang proses instalasi berlangsung.

Kalaupun ada kendala di tahap ini, paling sering adalah dari gangguan Installer atau Harddisk yang sedang digunakan. Temukan solusi terbaik untuk komputer kesayangan kita.

Bilamana semua sudah selesai, komputer akan restart dengan sendirinya, jangan lupa untuk mengeluarkan media installer ketika proses instalasi sudah selesai dan memasuki tahap restart.

Jika media installer tidak kita keluarkan, maka temen-temen akan mengulangnya lagi dari nol.

Tahap Akhir instalasi Windows 10

Tahap akhir instalasi windows 10

Mulai dari sini, kita sudah tidak perlu menjelaskan karena proses instalasi Windows 10 sudah selesai. Kita hanya harus menyesuaikan dan konfigurasi komputer seperti, lokasi, Nama pengguna, password, keyboard aksebilitas dan lain-lain sesuai dengan keinginan kita.

Akhirul kalam, jika ada yang ingin ditanyakan seputar tata cara install Windows 10, silakan ajukan dikomentar. Jangan terlalu lama depan komputer, hayu main di luar, salam sukses.

Sidik Abdul Aziz Teacher, Entrepreneur, Innovator, Web Developer, Music Producer, Gamer & Father.