Analisis Perbaikan Sistem Administrasi Jaringan

2 min read

Analisis Perbaikan Sistem Administrasi

Ini merupakan modul terakhir dari mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Kita akan mempelajari Analisis Perbaikan Sistem Administrasi Jaringan yang biasa terjadi pada sekitar kita.

Kerusakan Pada Lan Card

Ada banyak sekali penyebab sebuah komponen bisa mengalami kerusakan, belum lagi kerusakan pada komponen/perangkat itu ada yang fatal dan ada yang tidak.

Mari kita coba paparkan supaya lebih mudah memahami tentang Analisis Perbaikan Sistem Administrasi Jaringan.

Kerusakan akibat lamanya pemakaian (usang)

Seperti halnya benda lain pada umumnya, perangkat jaringan pun memiliki usianya masing-masing. Kerusakan akibat termakan usia ini sudah sewajarnya terjadi.

Solusi

Bilamana perangkat masih bisa perbaikan, contoh misal kerusakan pada kelistrikan, kita bisa mencoba memperbaikinya dengan menggunakan solder dan mengganti komponen mikro pada komponennya.

Bilamana perangkat rusak total, paling cepat adalah dengan menggantinya dengan perangkat yang baru.

Karatan (korosi) pada komponen

Karat adalah sebuah perubahan kimia yang terjadi dengan alami dan menyebabkan korosi/karatan atau perusakan pada permukaan logam pada umumnya besi.

Karena terbuat dari bahan dasar logam, sudah tentu perangkat jaringan pun memiliki waktu korosinya sendiri-sendiri.

Kerusakan ini sangat fatal sekali, apabila sebuah alat elektronik terkena karat, kita hanya bisa menggantinya, akan sulit untuk menghilangkan korosi tersebut dengan mempertahankan fungi aslinya.

Solusi

Untuk menjaga perangkat keras kita aman dari korosi, usahakan ruang simpan perangkat tersebut tidak lembab, pemakaian menahun sebenarnya masih bisa bertahan asalkan terus melakukan perawatan dan pembersihan debu secara berkala.

Korsleting arus listrik dalam komponen

Seperti yang kita tahu, daya utama dari komputer itu tetaplah arus listrik. Arus listrik memiliki ambang batas panas pada kabel dan perangkat yang teralirinya.

Semakin besar daya dan lamanya waktu pemakaian, sudah sewajarnya bila terjadi korsleting.

Solusi

Terkadang listrik tidak stabil dari pusatnya, gunakanlah stabilizer listrik untuk menstabilkan tegangan dan arus listrik yang masuk ke dalam kompuer.

Untuk menghindari pemadaman listrik yang tiba-tiba, kita bisa menggunakan unit UPS supaya komputer tidak langsung ikut mati akibat pemadaman listrik.

Benturan keras pada komponen

Ini umum terjadi ketika ada proses pembongkaran, pemindahan, penggantian ataupun hal lainnya yang menyebabkan perangkat berpindah lokasi dari tempat asalnya.

Tak jarang terjadi benturan yang menyebabkan rusak, patah atau bengkoknya komponen tersebut.

Solusi

Berhati-hati saat melakukan pemasangan, pemindahan, penggantian ataupun hal lainnya.

Kerusakan Pada Hub/Switch

Hub ataupun Switch memiliki beberapa kendala yang paling sering terjadi, Hub ataupun Switch agak jarang mati total, berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada Hub/Swith.

Kita cari tahu dulu tentang lampu Indikator pada Switch/Hub

Perbedaan warna lampu indikator pada Switch/Hub

  • Jika lampu LED indikator menyala dan berkedip, berarti jaringan telah terhubung dengan baik.
  • Bila lampunya berwarna Hijau berarti port sedang beroperasi pada jaringan dengan kecepatan 1000 Mbps.
  • Jika warna lampu LED-nya Kuning berarti berjalan pada jaringan yang memiliki kecepatan 100 Mbps

Disfungsi port konektor RJ45

Seperti yang kita tahu port dalam Hub/Switch ada bermacam-macam, ada yang 2, 4, 8, 16, 32, 64 dan yang lainnya. Bilamana salah satu port terjadi kendala ditandai dengan mati/padamnya lampu pada masing-masing port tersebut.

Tidak jarang ketika sedang menggunakan jaringan tiba-tiba koneksi RTO (Request Time Out) atau tidak terkoneksi total.

Solusi

Ketika terjadi gangguan biasanya lampu indikator yang berkaitan akan mati, segera lakukan pengecekan mulai dari jalur kabel, konektor, daya dan lain-lain.

Cobalah untuk melepas dan memasangkannya kembali pada port semula untuk bisa terkoneksi kembali, bila masih tak terhubung memindahkannya ke port yang lain menjadi pilihan yang tepat.

Collision (tabrakan data)

Collision adalah segmen jaringan fisik dimana data paket dapat “bertabrakan” antara satu dengan yang lainnya. Umumnya terjadi saat data dikirim pada suatu media bersama, khususnya dalam protokol jaringan Ethernet.

Solusi

Cobalah untuk mereset network dan biarkan cache hilang, lalu cobalah kembali.

IP Address Conflict

Artinya IP Address yang baru dipasang sudah dan sedang digunakan oleh Host lain.

Solusi

Silakan gunakan alamat IP yang lainnya.

Driver Lan Card belum terinstall

Kejadian ini umumnya terjadi pada sistem operasi berbasis Windows 8 ke bawah, diantaranya Windows 7, Windows Vista, Windows XP dan Windows NT.

Masalah yang terjadi adalah perangkat keras tidak bisa berfungsi dikarenakan driver belum terpasang.

Solusi

Silakan instal dan pasang driver tersebut sesuai dengan perangkatnya masing-masing. Bilamana menggunakan Windows 8 ke atas Driver sudah otomatis terpasang biasanya kita hanya perlu memperbaharuinya.

Terinveksi Virus

Di luar sana, ada banyak sekali Virus, Mawlare, Spyware, Rootkits dan lain-lain. Aplikasi ini suka menyerang dan menyandra data atau bahkan komputernya sendiri.

Tidak jarang ada virus yang mampu melumpuhkan sebuah jaringan atau membuat lalulintas data menjadi padat. Menimbulkan kerugian bagi kita sebagai korban dari virus tersebut.

Solusi

Selalu gunakan metode keamanan terbaik untuk jaringan kita, aktifkan 1-2 buah aplikasi antivirus, aktifkan sistem firewall dan Windows defender.

Selalu gunakan metoda password untuk pekerjaan yang bersifat penting.